TechInfo

Review Infinix Hot 10 Plus Minus Smartphone Flagship Killer

pernah tidak, kalian cari smartphone layar besar, dengan harga murah sekali? atau smartphone dengan baterai besar, dengan harga murah sekali? atau mencari smartphone ke dua yang terjangkau banget atau mencari smartphone untuk kebutuhan anak sekolah dari rumah tapi dana nya mungkin mepet bisa jadi si Infinix Hot 10 Play dengan harga kisaran 1,2-1,3 jutaan layar besar dengan baterai besar banget ini adalah pilihan yang kalian cari.

ok, ini adalah Infinix Hot 10 Play yang tagline nya katanya adalah “Non-stop playing, long lasting fun” saya tidak tau kenapa di bahas soal gaming di sini, ini adalah smartphone Entry Level dengan harga 1 jutaan kecil nanti kita jelaskan berapa harga pas nya.

Paket Penjualan Infinix Hot 10 Play

Kita lihat dahulu isi kotak nya dari si Infinix Hot 10 Play
tentunya ada unit smartphone nya
ada charger 10W
ada kabel Micro-USB, sayangnya ini masih menggunakan Micro-USB
ada Hard Case di situ
kemudian ada pelindung layar plastik yang mesti di pasang sendiri memang
ada dokumen
ada SIM Ejector
dan ada kartu keanggotaan pengguna Infinix
untuk desain, ini desain nya memang Sleek & Stylish Design katanya ya
pilihan warnanya ada: Aegean Blue, Morandi Green, Obsidian Black dan ada 7° Purple
untuk penutup belakang, ini jelas polycarbonate atau plastik
materi bingkai juga polycarbonate, normal di harga ini dan ini menarik sekali ya

ini kalau di pantul kan ke cahaya ada efek cahaya dengan pola garis-garis yang bikin penampilannya lumayan unik dan menarik untuk dimensi nya dia lumayan lebar dan tidak terlalu tebal juga dan untuk bobot nya, itu juga tidak terlalu berat-berat banget, masih ok untuk layar selebar ini.

Tampilan dan Desai Infinix Hot 10 Play

Nah, sekarang mari kita lihat dari sisi-sisinya ya.

Sisi kanan, ada tombol power, ada tombol volume juga di situ. Lalu sisi atas itu kosong, biasanya kita menemukan mikrofon, tapi di sini tidak ada. Sisi kiri ada slot kartu SIM, ini non-hybrid jadi bisa Dual SIM dan 1 MicroSD yang bisa sampai 512GB asik juga yah, bisa besar. Sisi bawah ada mikrofon ada port Micro-USB ada Headphone Jack 3,5mm, hmm ada yang hilang di sini? ya, tidak ada speaker nya di mana speaker nya? kita lanjut dulu bahas di sisi belakang. Kita bisa lihat ada kamera utama 13MP f/1,8 sisanya adalah kamera-kamera tambahan saja tapi kamera utamanya yang satu ini kemudian ada pemindai sidik jari.

mungkin banyak yang bilang ini rasanya jadul kalau pemindai sidik jari di belakang tapi di harga ini, di 1,2-1,3 jutaan kami sih tidak komplain ya. Bahkan ada yang tidak pakai pemindai sidik jari sama sekali di harga ini bagusnya lagi, pemindai sidik jadi ini, cukup cepat dan akurat. Pindah ke sisi layar, di sini ada kamera selfie 8MP yang Fixed Focus ada lampu LED nya buat selfie, ini khas banget Infinix dan ada speaker menghadap ke depan yang merangkap sebagai earpiece. Nah ini speaker nya, speaker utamanya, itu di gabung menjadi satu semua jadi tidak ada 2 speaker, hanya ada 1 speaker saja tidak ada speaker yang spesial buat di telinga dan buat di dengarkan dari luar, tidak ada

Berbarengan di gabung menjadi 1 tapi jadi nya menghadap ke depan, menghadap ke kita speaker nya tidak ke samping, ini sebuah keputusan yang unik banget jadi, walaupun hanya ada 1 speaker, itu menghadap ke kita. Untuk kemampuan perekaman video untuk kamera utama dan kamera selfie, itu adalah

maksimum di 1080p 30 fps untuk layar, ini adalah layar 6,82″ (inci) dengan resolusi layar 720x1640px ini adalah panel IPS, jadi ok ya warna nya untuk harga ini, tergolong bagus layarnya dan yang penting, tidak terasa Touch Delay pada saat menyentuh, walaupun main Real Drum jadi, aman ini.

 

Spesifikasi internal Smartphone Terbaik Harga 1 Jutaan

Dia menggunakan SOC Mediatek Helio G25 bagi yang tidak tau, ini adalah Procesor 8 Core Cortex A53 yang 2GHz

dengan GPU PowerVR jadi masih lumayan ok, masih 8 Core bukan 4 Core di sini. Untuk RAM, ini 2GB sayangnya tidak ada varian lain di Indonesia sementara itu, untuk storage ada di 32GB ini adalah unit yang kami ulas. Untuk baterai, ini bagian menariknya ini adalah baterai nya yang 6000mAh sayangnya, charger nya memang hanya charger 10W tapi setidaknya, di harga ini kita tidak banyak komplain, yang penting baterai nya sudah besar

Untuk sistem operasi, dia menggunakan XOS v7.0 dengan Android 10 memang ada beberapa iklan dan fitur di XOS ini yang cukup intrusif tapi, kita bisa nonaktif kan dahulu beberapa nya untuk pemakaian sehari-hari, agar lebih nyaman. Untuk sensor, lumayan banyak accelerometer, light, proximity orientation walaupun tertulis ada gyroscope nya, tapi sepertinya gyro nya tidak berfungsi dengan sigap. Lalu ada magnetic sensor juga untuk konektivitas, jelas ini 4G, tidak mungkin 5G ini masih 4G ya di harga ini. Untuk Wi-Fi, sebenarnya mendukung Wi-Fi AC atau bahkan bisa 5Ghz tapi, kalau jaringan seluler atau 4G LTE hidup tidak bisa menyambung ke Wi-Fi 5GHz nya sementara ini, Wi-Fi 5GHz, hanya bisa di akses melalui Flight Mode.

Lalu kalian menghidupkan hanya konektivitas Wi-Fi saja apakah ini akan dibereskan oleh Infinix? kamu belum tau tapi setidaknya, memang kita bisa mengakses Wi-Fi 5GHz, cuma ada trik nya saja. Kemudian Bluetooth otomatis ada FM Radio, ini juga menarik ada FM Radio di sini jadi hiburan itu tidak selalu harus streaming dan USB nya, sudah bisa OTG (On-The-Go) ini banyak banget yang bertanya, saya tidak tau kenapa karena rata-rata USB pasti OTG. Untuk keamanan, jelas tadi sudah ada pemindai sidik jari dan dia juga ada Face Unlock ok, mari sekarang kita lanjut ke pengujian performa.

Hasil Test Bench Mark Infinix Hot 10 Play

Kita langsung ke AnTuTu 8
Kita dapat skor 84631

Sementara GeekBench 4
Untuk single core kita dapat di 682 dengan multi core di 3166 kita memang tidak berharap banyak di sini

Untuk GeekBench 5
single core di 130 dengan multi core di 454

Untuk 3DMark
Pakai Slingshot Extreme OpenGL ES 3.1 skor grafis ada di 332

Sementara untuk GFXBench 1080p, T-Rex Offscreen kita dapat 21 fps

Kita tidak melihat bau-bau bahwa ini sebetulnya adalah sebuah smartphone gaming yang mumpuni tapi, mari kita cek game nya langsung saja.

PUBGM, kita set di Smooth-Medium, kita dapat 20-an fps sayangnya, memang gyro nya juga kurang enak, jadi tidak begitu responsif tidak usah di pakai saja gyro nya lagi pula, memang 20-an fps, agak kurang pas untuk PUBGM bisa di mainkan? bisa, tapi untuk kompetitif, kurang.

Untuk Mobile Legends, kita bisa dapat setelan yang Max kisaran nya sekitar 30 fps dan masih cukup dapat dimainkan nah, masih ok nih kalau untuk Mobile Legends, masih asik.

Untuk Free Fire, karena memang cukup ringan setelan Max masih kita dapat dan kita masih bisa dapat kisaran 30 fps juga jadi, Free Fire masih nyaman, memang pada dasarnya Free Fire game yang enteng dijalankan. Jadi pada dasarnya, smartphone ini untuk game-game nya, rata-rata masih bisa jalan tapi bukan untuk game yang berat dan bisa lancar. Jangan minta kami pasang Genshin Impact di sini, sudah besar game nya, nanti jalannya seperti……wkwkwk.

Karena PUBGM saja, hanya mendapatkan 20-an fps mungkin untuk game yang dimaksud dengan G25 itu buat gaming adalah game-game yang ringan banget nah, untuk baterai bagaimana, ini yang paling penting sebetulnya untuk uji pemutaran video dari hasil pengujian kami, estimasi dari hasil pengujian sekitar 28-30 jam, tergantung kondisi. Uji pemutaran video ini kurang lebih sekitar itu dapat nya dan ini adalah hasil yang luar biasa banget luar biasa, keren banget hasilnya.

Lama sekali penggunaan nya untuk pengisian daya dari 0 sampai 100% itu di kisaran 3 jam, ini lama sekali jadi, penggunaannya lama, pengisian daya nya lama juga tapi, karena baterai nya juga awet banget, kemungkinan besar
kalian mengisi dayanya sambil tidur tidur 3 jam – 4 jam? kurang seperti nya seharusnya 6-7 jam paling tidak kalian tidur bangun tidur sudah penuh lagi, dan tinggal pakai lagi seharian aman, bisa seperti itu

Hasil Kamera Okeh atau Oke Aje

Ok, sekarang kita mua menguji kamera nya tentunya kalau masalah warna, masih bisa di atur lagi di aplikasi pengeditan sayangnya memang tidak ada mode manual yang bisa mengatur agar Exposure nya tidak berubah-ubah ini karena, semua setelannya adalah Auto tapi, lumayan konsisten hasilnya jadi, lumayan ok juga ya.

Nah, sekarang mari kita cek menu kamera nya seperti biasa kalau foto, itu bukan foto tulisannya, tapi AI Cam disini AI Cam ini, di sini terlihat dia 13MP ya kemudian ada grid nya juga Touch Capture juga, lumayan lengkap kemudian kita bisa pilih di sini rasio nya sayang nya tidak ada 16:9, ada 1:1, 4:3 dan Full langsung kalau Full Screen itu, seperti ini kurang lebih satu layar penuh dia mengambilnya tapi jadi agak sedikit zoom saya akan lebih memilih ambil di 4:3 saja, untuk kualitas maksimal nya dia kemudian kita bisa lihat, kalau di video seperti apa kalau di video, di atas itu berubah jadi ada pilihan untuk resolusi nya ada 1080p, 720p dan 480p di situ di sini, berubah sedikit juga jadi lebih sedikit isi nya tidak banyak-banyak di sini Custom Volume Keys nya ada di sini, ada Video Quality ada di sini juga lalu ada Finger Print Shutter juga, sama seperti yang tadi lalu, selain AI Cam, kita ada Beauty juga di sini

Yang saya tidak tau kapan saya mau pakai kalau untuk Beauty ada bokeh juga di sini ada AR Shot juga sayang nya memang bisa dilihat di sini, tidak ada manual nya sayang nya ya, memang tidak ada Pro atau Manual itu tidak ada di sini mungkin bisa kita tambahkan menggunakan aplikasi lain tapi sayangnya, memang dari Infinix sendiri, belum menyediakan kualitas hasil kamera dari Infinix Hot 10 Play cukup mengejutkan buat kami untuk foto dengan kondisi, terang di kamera belakangnya hasilnya bisa cukup detail bahkan di zoom-in pun, hasilnya masih bisa kelihatan ok banget untuk foto selfie, detail nya juga lumayan bagus asil foto nya, memiliki kontras yang tinggi secara keseluruhan ini membuat hasil foto nya tampil matang warnanya tapi sekaligus, terkadang bisa kehilangan detail.

Smartphone ini hadir dengan cukup menarik dengan harga 1,2-1,3 jutaan tergantung promosi Infinix Hot 10 Play memang masih memiliki beberapa keunggulan yang sulit dilawan oleh smartphone yang bahkan di kelas yang di atas harganya smartphone yang satu ini juga seharusnya cocok untuk orang tua yang ingin memberikan smartphone ke anaknya yang masih kecil dengan kriteria, mungkin supaya bisa dikendalikan pemakaian nya pakai Google Family.

Baterai yang awet, layar ok, chipset yang cukup kencang untuk kebutuhan sekolah layar sudah cukup besar juga untuk kebutuhan sekolah kan kalau terlalu kecil sudah membaca dari layarnya tapi kalian tidak mau yang terlalu kencang supaya anaknya tidak main game tidak terkendali ini cocok banget yang satu ini.

Pada akhirnya, Infinix Hot 10 Play ini ketimbang untuk bermain game malah jauh lebih menarik untuk kebutuhan edukasi dan kebutuhan-kebutuhan yang esensial yang lainnya yang sebetulnya jelas lebih dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia saat ini terutama hmm… apakah seharusnya ini namanya Hot 10 Edu? atau Hot 10 Essential apa pun itu kami melihat bahwa smartphone yang satu ini, cukup sukses hadir menarik di rentang harga yang murah.

Terimakasih, Tech Info

 

Exit mobile version